ANALISIS PERBANDINGAN RENTABILITAS ANTARA SISTEM BAGI HASIL PADA BANK SYARIAH DENGAN SISTEM BUNGA PADA BANK KONVENSIONAL
Bambang Sugiharto, SE

Abstrak

Peraturan Perundang-undangan Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan telah memungkinkan pendirian bank syariah di Indonesia. Kebijakan ini pula yang menjadikan adanya dua sistem yang digunakan dalam perbankan di Indonesia yaitu sistem bagi hasil (bank syariah) dan sistem bunga (bank konvensional). Perbedaan sistem tersebut akan mempengaruhi tingkat pendapatan dan biaya kedua sistem tersebut.

Dari perbedaan yang ada, kedua sistem tersebut sangat menarik untuk diteliti. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan rentabilitas antara sistrem bagi hasil pada bank syariah dengan sistem bunga pada bank konvensional. Penilaian rentabilitas yang dilakukan memakai dua rasio yaitu return on assets dan rasio biaya operasional. Penelitian ini menggunakan studi komparatif.

Objek dalam penelitian ini adalah Bank Muamalat Indonesia dan Bank Mandiri. Data yang diperlukan untuk menganalisis tingkat rentabiliatas antara sistem bagi hasil pada Bank Muamalat Indonesia dengan sistem bunga pada Bank Mandiri bersumber dari neraca dan laporan laba rugi kedua bank tersebut dari tahun 2001 sampai tahun 2004.

Dari hasil perhitungan yang dilakukan sejak tahun 2001 sampai tahun 2004, memperlihatkan bahwa rata-rata return on assets (ROA) sistem bunga pada Bank Mandiri yaitu sebesar 2,41 %, lebih baik dari pada sistem bagi hasil pada Bank Muamalat Indonesia yaitu sebesar 2 %. Sedangkan rata-rata rasio biaya operasional sistem bunga pada Bank Mandiri yaitu sebesar 81,65 %, lebih efisien daripada sistem bagi hasil pada Bank Muamalat Indonesia yaitu sebesar 86,66 %. Pengujian hipotesis yang dilakukan menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rentabilitas sistem bagi hasil pada Bank Muamalat Indonesia dengan sistem bunga pada Bank Mandiri, maka Ho diterima (t hitung < t tabel).

 

Kata Kunci : Sistem Bagi Hasil, Sistem Bunga, Return on Assets (ROA) dan   Rasio Biaya Operasional.

 



  Masukan Nama Dosen Ke Input Pencarian.









  Nama Dosen ''-'' Tidak Ditemukan. Kembali Ke Index Print URL



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIE Sutaatmadja | Login